Searching...

Mendidik Anak dengan Cinta

[Kajian Ahad Pagi Pekan ke-4, Kajian Ketahanan Keluarga]

Assalaamu'alaykum Wr Wb

✨ Mendidik Anak dengan Cinta ✨

Bersama :
👳🏼 Ustadz Bendri Jaisyurrahman
(Penggiat Komunitas @SahabatAyah)

📅 Ahad, 27 Desember 2015
⏰ 07.00-09.00 WIB
🏡 Aula Utama Masjid UI Depok

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang

🌻Hiburan terbaik saat liburan adalah pergi ke taman-taman surga, yaitu ke majelis ilmu, majelis dzikir, karena di dalamnya banyak disebut asma-Nya yg maha Indah.

🌻Saat ini banyak anak tumbuh besar tanpa dididik dengan cinta. Sesungguhnya kalau kita mau melihat ruh islam, yg berhak mengklaim agama kasih dan cinta adalah Islam. Allah SWT sendiri yg menyebutnya, hampir di setiap surat Allah SWT menyebutkan sifat islam yaitu Ar-Rahmah dan Ar-Rahim. Bukan hanya kepada anak, istri, orang tua, ataupun sahabat, melainkan juga kepada seluruh alam, hatta musuh pun juga. Hal ini yang dicontohkan Rasulullah SAW.

🌻Ketika berumah tangga, ajaran mana yg diikuti, ajaran mana yg diajarkan saat anaknya melakukan kesalahan matanya melotot, tangannya menampar, kakinya menendang. Sedangkan Rasulullah saat mendakwahkan agama ini (Islam) memulainya dengan menyentuh hatinya. Sehingga tidak satupun yg tidak mencintai beliau. Rasul memulainya dengan cinta. Ciri orang yg beriman adalah akan ditanamkan rasa kasih sayang ke dalam hatinya.

📜🌻 Islam Agama Cinta dan Kasih Sayang

💎Q. S. Ali-Imran : 159💎

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

📜Rasulullah dengan sikap lemah lembut, hadir kepada umatnya. Yang kemudian Islam dikenal karena Dai, sang orang tua menampilkan sikap Ar-Rahman-Ar-Rahim.

💎Q. S. Maryam : 96💎

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَٰنُ وُدًّا

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.

💎Q. S. At-Taubah : 128💎

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

📜Karena sangat memuliakan orang-orang mukmin, sehingga suatu ketika ada yang baru datang dalam majelis ilmu Rasul menyambutnya dengan, "Marhaban ya Thalabal Ilmi",
Dimana kata Marhaban adalah kata sambutan untuk tamu yg diagungkan.

📜Rasul juga pernah menyambut anak yg baru masuk masjid dengan sambutan Marhaban, hal ini dikarenakan Rasul ingin menunjukkan bahwa beliau sangat memuliakan anak kecil, sangat mencintai mereka. Anak adalah tunas peradaban, calon generasi penerus, yang nantinya akan menjadi mujahid hebat, maka dari itu Rasulullah SAW menyambutnya dengan penuh cinta.

💎Barang siapa tidak menyayangi manusia, maka Allah tidak akan menyayanginya.
[HR.Muslim]

💎Sesungguhnya Allah akan menyayangi hamba-hamba-Nya yang penyayang.
[HR. Bukhari Muslim]

💎Sungguh, segala sesuatu yg dihiasi kelembutan akan nampak indah. Sebaliknya, tanpa kelembutan segala sesuatu akan nampak jelek.
[HR. Muslim No. 2594]

📜🌻Ciri seorang anak yg dididik dengan cinta :
🔹Menguatkan self esteem
Karena pada dasarnya seorang anak itu penakut. Melalui cinta, dorongan, dan perhatian orang tua-lah seorang anak menjadi pemberani. Karena orang tua yg bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak
🔹Gak Caper
Seorang anak yg mendapatkan cinta dari kedua orang tuanya akan menjadi pribadi yg tidak suka caper. Karena apa yg dia butuhkan sudah dia peroleh dari kedua orang tuanya. Namun fenomena anak sekarang suka pakai tato, anting (laki-laki), menjadi cabe2-an, hal ini mengindikasikan kurangnya cinta dan perhatian dari kedua orang tuanya.
🔹Berpikir positif dan optimis
Anak akan selalu mencari celah positif ketika dimarahi. Tidak mudah marah, tersinggung, ataupun sakit hati.
🔹Mudah memaafkan
Karena memori cinta dari kedua orang tuanya telah membuatnya menjadi seorang yg berjiwa pemaaf.
🔹Tak mudah putus asa
🔹Mudah menerima masukan
Tidak mudah tersinggung

📜🌻Ciri anak yg kurang mendapatkan cinta di rumahnya :
🔹Penakut
🔹Ekspresinya minimalis
🔹Tidak berani menatap lawan bicara ketika sedang berbicara

📜🌻Kebutuhan Anak Akan Cinta

📜Anak yg dibesarkan dengan cinta, akan mudah memaafkan orang lain. Karena lautan cintanya lebih banyak daripada garamnya. Sehingga sedikit garam yg dimasukkan tidak memberikan rasa asin. Namun berbeda halnya dengan seorang anak yg dibesarkan tidak dengan cinta, dia akan tumbuh menjadi pribadi yg tempramental, mudah tersinggung, ibarat segelas air yg diberi satu sendok garam, asin itu akan terasa. Maka kita berhak belajar dari Rasul, yaitu dengan cinta dan kasih sayang.

📜🌻Belajar dari Yusuf AS :

Seseorang dikatakan tangguh, apabila mampu menghadapi ujian dalam 3 hal (Merujuk kisah Yusuf AS) :
1⃣Ujian dalam situasi sulit, yaitu ketika hampir dibunuh oleh saudara kandungnya, karena merasa iri. Saudaranya cemburu karena Yusuf AS paling disayangi oleh ayahnya.
2⃣Ujian syahwat, yaitu ketika digoda oleh Zulaikhah
3⃣Ujian kemarahan, saat bertemu kembali dengan saudaranya, yang dulu pernah ingin membunuhnya, namun beliau tidak membalas dan mencacinya. Hal ini menunjukkan kematangan emosional.

🌻Yusuf AS :
🔹Mampu menguasai dendam yg ada dalam jiwanya kepada yg mendzaliminya. Yusuf AS tidak membalas apa yg dulu diperlakukan oleh saudaranya, menahan diri dari memaki saudaranya yg dulu pernah menyakitinya. Yusuf mampu melewati ini. Dan ini hanya dimiliki oleh seorang yg memiliki kematangan emosional yg baik.
💎Q. S. Yusuf : 92💎

قَالَ لَا تَثْرِيبَ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَ ۖ يَغْفِرُ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَهُوَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Dia (Yusuf) berkata: "Pada hari ini tak ada cercaan terhadap kamu, mudah-mudahan Allah mengampuni (kamu), dan Dia adalah Maha Penyayang diantara para penyayang".
🔹Cinta dan kasih sayang yg berlimpah di masa kecil menjadikan anak memiliki pribadi yg positive thinking, positive feeling, dan mudah memaafkan.

💖Pribadi yg penuh dengan cinta maka akan memiliki jiwa yg pemaaf. Karena Allah menyandingkan Ghafur dengan Rahiim, itu artinya orang-orang yang memiliki jiwa pemaaf itu adalah seorang yang penyayang :)
Hanya yg penyayang yang mudah memaafkan.

📜Yusuf AS mendapatkan cinta dari Yaqub, dari kecil diperlakukan dengan istimewa.

📜Seorang yg negative thinking, dendaman, suka mencaci, karena kekurangan cinta di masa kecilnya.

📜🌻Cinta bermula dari Persepsi
🔹Bukan sekedar mencintai, namun sang anak juga merasakan cinta dari orang tua melalui perbuatan, perilaku, dan sikap orang tua kepada sang anak
🔹Saudara dari yusuf tumbuh menjadi pendendam, karena menganggap ayahnya hanya cinta kepada Yusuf.
💎Q. S. Yusuf : 08💎

إِذْ قَالُوا لَيُوسُفُ وَأَخُوهُ أَحَبُّ إِلَىٰ أَبِينَا مِنَّا وَنَحْنُ عُصْبَةٌ إِنَّ أَبَانَا لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

(Yaitu) ketika mereka berkata: "Sesungguhnya Yusuf dan saudara kandungnya (Bunyamin) lebih dicintai oleh ayah kita dari pada kita sendiri, padahal kita (ini) adalah satu golongan (yang kuat). Sesungguhnya ayah kita adalah dalam kekeliruan yang nyata.

📜🌻Bentuk Cinta yg Diharapkan Anak :
1⃣ Ucapan cinta
🌻Dari Usamah bin Zaid : Dahulu Rasulullah SAW pernah mengambilku dan mendudukanku di atas pahanya dan mendudukkan Al-Hasan bin Ali diatas sebelah paha yg lain, kemudian beliau memeluk kami berdua lalu berdoa: ya Allah sayangilah keduanya, karena sesungguhnya aku menyayangi kedunya.
[HR. Bukhari]

📜Teriakan kepada seorang anak akan mengakibatkan :
🔹10.000 sel otak mati
🔹 Short term memory-nya rusak

📜Berkata yg baik kepada anak dan lembut karena kata yg baik adalah sedekah.

💎Q. S. Al-Waqiah : 25💎

لَا يَسْمَعُونَ فِيهَا لَغْوًا وَلَا تَأْثِيمًا

Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa,

📜Memberikan senyuman dan berwajah cerah
🌻Jangan sekali-kali engkau meremahkan perkara kebaikan walaupun hanya berwajah cerah ketika engkau bertemu dengan saudaramu.
[HR. Muslim]

2⃣ Ciuman dan pelukan kasih sayang
🌻Dari Abu Hurairah ra : ia berkata bahwa Aqra' bin Habis pernah melihat Nabi SAW sedang mencium Hasan. Dia (Aqra bin Habis ) lalu berkata : Sesungguhnya aku mempunyai sepuluh orang anak namun aku tidak pernah mencium satupun dari mereka. Kemudian Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya barang siapa yg tidak menyayangi maka dia tidak akan disayangi."
[HR. Muslim]

3⃣ Bermain bersama
Dari Abdullah bin Al-Harist, dia berkata,"Rasulullah SAW membariskan Abdullah, Ubaidillah dan Katsir bin Al-Abbas, yang semuanya masih kecil-kecil, lalu bersabda, "Siapa yg lebih dahulu dapat memegangku, maka dia akan mendapatkan hadiah begini dan begitu." Maka mereka bertiga berlomba untuk dapat memegamg beliau. Di antara mereka ada yg dapat memegang punggung dan ada yg memegang dada, lalu beliau memeluk mereka.
[HR. Ahmad]

4⃣ Hadir di waktu berharga anak
🔹 Saat sedih
🔹 Sakit
🔹 Unjuk prestasi
🌻Nabi SAW pernah melewati sekelompok Bani Aslam yang berlomba memanah. Lalu beliau bersabda "Memanahlah kalian wahai anak keturunan Ismail, karena sungguh ayah kalian adalah seorang pemanah."
[HR. Bukhari]

5⃣ Memberi hadiah
- Tahaduu Tahabbuu
🌻Saling menghadiahilah kalian niscaya kalian akan saling mencintai."
[HR. Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no. 594]

- Memberi hadiah tanpa syarat, lebih berkesan. Sehingga anak akan merasa disayangi.

6⃣ Memberikan rahasia
7⃣ Doa
Karena doa adalah sejatinya cinta

🌻Tiga doa yg mustajab yg tidak diragukan lagi yaitu doa orang tua, doa orang yg bepergian (safar), dan doa orang yg dizalimi.
[HR. Abu Daud]

🌻Tiga doa yg tidak tertolak yaitu doa orang tua, doa orang yg berpuasa, dan seorang musafir.
[HR. Al-Baihaqi dalam sunan Al-Kubro]

📜Hikmah berdoa di depan anak :
🔹Mengajarkan tauhid, bahwa sandaran permohonan hanya kepada Allah SWT
🔹Mengajarkan kepedulian
🔹Memberitahukan harapan

Kalau kita sudah memberikan cinta, maka ketika anak dewasa tidak akan membangkang kepada kita. Anak akan menyadari ketika kita marah, dan akan berusaha untuk tidak mengecewakan kita lagi.

Wallahu a'lam bishshawab

✨Karena kami tidak sekedar memberi informasi tapi senantiasa untuk selalu menginspirasi😄

Wassalaamu'alaykum Wr Wb

🌏 : mesjidui.ui.ac.id
📹 : bit.ly/mesjidui
🐤 : @masjidUI

-mari sebarkan-

Comments
0 Comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan buat kami,
jika ada yang kurang berkenan, koreksi, masukan, maupun kesan.

semoga ini jadi sarana saling belajar untuk kita semua.

Terimakasih :)

 
Back to top!