Searching...

Bulan Rajab, akan datang.

Apa Istimewanya? berikut »

KULTWIT BULAN RAJAB

1/10 Sebentar lagi akan masuk #BulanRajab. Tahu gak apa istimewanya #BulanRajab dan apa amalan baik di bulan tersebut?

2/10 Yg jelas #BulanRajab itu masuk #BulanHaram di samping bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram (Suro). Apa sih #BulanHaram?

3/10 #BulanHaram berarti berbuat maksiat jd masalah besar, dan kita diperintahkan banyak beramal shalih.

4/10 Sampai-sampai Sufyan Ats-Tsauri sangat senang melakukan puasa pada #BulanHaram. Dan ingat, #BulanRajab termasuk #BulanHaram.

5/10 Namun adakah puasa khusus di #BulanRajab? Jawabannya, tidak ada. Kata Ibnu Taimiyah, hadits2 yg membicarakan puasa khusus tsb adl LEMAH.

6/10 Jadi baiknya tdk khususkan awal bulan atau tanggal2 tertentu untuk #PuasaRajab secara khusus. Cukup berpuasa krn bulan itu #BulanHaram.

7/10 Dan itu bebas pada tanggal berapa pun tanpa ada keistimewaan antara tanggal satu dan lainnya. Dan tdk ada ketentuan mesti 7 hari.

8/10 Contoh, ada yg menyebutkan keutamaan puasa tgl 1, 2, 3, 4 Rajab dan amal dilipat di bulan Rajab jd 70 kali. Ini berdasar hadits dusta.

9/10 Komisi Fatwa Saudi Arabia brkata: Pengkhususan #BulanRajab dg puasa hari tertentu, tdk diketahui dalil yang menyari'atkan amalan tsb.

10/10 So. Beramallah sesuai tuntunan krn kita punya suri tauladan dr Rasul yg mesti diwariskan, bukan skdr mewariskan yg sdh turun temurun.

Silakan kaji lebih jauh dua artikel berikut:

1. Di Balik Bulan Rajab: https://rumaysho.com/348-di-balik-bulan-rajab.html

2. Puasa Hari Tertentu di Bulan Rajab:
https://rumaysho.com/3342-puasa-hari-tertentu-di-bulan-rajab.html

Ustadz M. Abduh Tuasikal

@kajianislam
-----

Reshare dari BBM - @KajianIslam
Comments
0 Comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan buat kami,
jika ada yang kurang berkenan, koreksi, masukan, maupun kesan.

semoga ini jadi sarana saling belajar untuk kita semua.

Terimakasih :)

 
Back to top!