Searching...

mau adopsi hewan peliharaan?


Punya pet memang menyenangkan , bisa ketawa ketiwa riang tatkala melihat tingkahnya yang lucu, tidur ada yang menemani, pulang kerja ada yg menyambut, dan ada teman untul bermain

Tapi ternyata gak semudah itu punya hewan peliharaan. Banyak hal yang perlu kita  perhatikan, krn mereka itu makhluk hidup yg bisa merasakan,
Tidak seperti  barang yg ketika bosan  di abaikan begitu saja

. Jadi memiliki pet juga termasuk amanah yg berat, jgn sampai dzolim.

5 hal ini perlu diperhatikan kalau mau adopsi pet :

1. *Komitmen* : perlu ada komitmen yg jelas, gak boleh pengen pengen aja, lucu lucuan, akhirnya gak terawat dgn baik, terus dicuekin, udah tua, gak lucu, gak bisa main lagi, lemes, terus dibuang, 😥. Komitmen itu termasuk menyediakan budget untuk perawatan kesehatan, vaksin, steril, biaya makan dan biaya lainnya, menjamin kalo pet nya aman, nyaman.

2. *Kasih sayang* : penting sekali punya rasa kasih sayang, mereka bukan barang, jd harus disayang, gak bisa dicuekin. Dikasih perhatian yang sesuai. Jgn cuma dikandangin aja, perlu diajak main, berinteraksi.

3. *Waktu* : punya pet itu harus meluangkan waktu untuk memberi  makan, membersihkan  kandang, kotak pasir, pergi ke dokter, main, ngajak jalan2.  Kalo sibuk dan gak ada yang bantu susah, akan keteteran, kasian juga.

4. *Persetujuan dr anggota keluarga lain* : banyak juga yg mengalami ini,  di satu rumah ada yg setuju ada yang gak punya pet. Nah ini bahaya banget. Makannya sebelum adopsi perlu diskusi, kalau mmg ada anggota keluarga atau temen kos yang gak setuju lebih baik ditunda dulu. Krn nanti akan kasian ke kucing atau anjingnya, bisa gak nyaman, kita juga jadi khawatir.

5. *Perlengkapan*, penting untuk dipersiapkan dr kandang, litterbox nya, kotak pasir. Makanan. Tempat makan, tempat minum, suplemen2, obat2an yg bs disimpen dirumah buat jaga2 (tetep konsultasi dgn dokter dulu) ,perlengkapan kebersihan.

Pengalaman punya pet itu lumayan susah kalo mau kemana2, nginep yang jauh2, walaupun udah dititipin tetep kepikiran terutama masalah makan, tetep khawatir. Krn kalo sampe gak makan gak minum kasian banget.

Dari : copas materi Abi

Comments
0 Comments

Post a Comment

Silahkan tinggalkan pesan buat kami,
jika ada yang kurang berkenan, koreksi, masukan, maupun kesan.

semoga ini jadi sarana saling belajar untuk kita semua.

Terimakasih :)

 
Back to top!